13 Des 2010

Dari Mana Sumber Hartamu?

Desain Cover By: Yudi Nur Riyadi
Judul: Dari Mana Sumber Hartamu?
Penulis: Prof. Dr. Amiur Nuruddin, M.A.
Editor: M. Iqbal, Sayed Mahdi, Hijrah. S, Adhika P.
Penerbit: Erlangga, 2010
Halaman: xxii+410


Ekonomi Syariah atau disebut juga Ekonomi Islam (al-Iqtishâd al-Islâmiy) adalah ekonomi yang bertumpu pada sistem nilai, norma, dan prinsip syariah. Sistem nilai pada hakikatnya adalah sesuatu yang akan memberi makna dalam kehidupan manusia pada setiap peran yang dilakukannya.

Sistem ini terbangun dalam rangkaian utuh yang terjalin sangat erat antara satu dengan yang lain. Sistem ini mencakup pandangan dunia (al-khalqiyyah) dan moral (al-khuluqiyyah) yang memengaruhi, membimbing, dan membantu manusia merealisasikan sasaran-sasaran kemanusiaan (insâniyyah) yang berke-Tuhan-an (rabbaniyyah) dalam mewujudkan kesejahteraan dan keadilan di semua aspek kehidupan.

Buku ini hadir sebagai pelengkap khazanah keilmuan Islam khususnya Ekonomi Islam. Buku ini membahas seputar perekomian Islam dalam 116 judul yang susun dalam lima bagian pembahasan yaitu: Keseharian, Praktik Ekonomi Syariah, Politik, akhlak, Ramadhan dan Haji.

Buku ini disusun dengan ihtisar yang sederhana sehingga dapat menjadi rujukan pembaca dalam merenungi pola hidup masyarakat Islam dalam mencari sumber penghasilannya, serta menjadi rujukan ilmiah dalam perkembangan perekonomian Islam.

Dalam buku ini, Prof. Amiur berbincang bersama kita seputar masalah-masalah keseharian kita, praktik ekonomi syariah, fenomena politik, renungan dalam bingkai akhlak dan moral bangsa, serta memfungsikan berbagai aktivitas ibadah yang melekat dalam kehidupan kita.

Butir-butir pemikiran yang terkandung dalam buku ini perlu disampaikan, disosialisasikan dan direnungkan secara luas dalam masyarakat dan bangsa kita.

Prof. Amiur dengan bukunya ini telah memberi nuansa baru dalam kajian ekonomi dan bisnis syariah dan mengingatkan kita akan wawasan kebangsaan yang membangun sendi-sendi perekonomian kita atas dasar kerakyatan. Semoga renungan ini membawa berkah dan kebaikan dalam kehidupan kita semua.


beli buku klik di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar