27 Feb 2012

Tentang Sanggar Altar


Altar itu kelompok penghujat yang selalu memprovokasi dan mengkritik kesenian di zamannya, seperti Nietzsche yang memprovokasi dan mengkritik kebudayaan Barat di zamannya. Dan kedua2nya mencoba keluar dari hegemoni pemikiran Plato!!!

Altar itu kelompok pemarah, sama halnya dengan Nietzsche yang selalu menaklukkan nihilisme dan memposisikan manusia sebagai manusia purna yang memiliki kehendak untuk berkuasa. Kalau dialtarkan—meminjam istilah Risfana Faisal—istilah ini lebih dikenal dengan MANUSIA (lebih tepatnya laki-laki) MAHAL. Kalau gak salah ajaran ini pernah termanifestasi dalam ACM (Aliansi Cowok Mahal) dan JGK (Jomblo Garis Keras).

Sebagai filsuf yang terus menderita, sakit2an, dan gila, Nietzsche saya rasa sudah meramalkan bahwa akan ada gerombolan2 anak muda masokis yang menyebut diri mereka sebagai “anak Altar”. Terbukti dia pernah nulis begini:

Pada Altar itu terukir membara: Kepada Tuhan tak dikenal, aku miliknya, meski kini masih masuk gerombolan penghujat (Friedrich Nietzsche--Kepada Tuhan Tak Dikenal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar