11 Nov 2013

Palsu

Palsu itu tidak tulen, tidak sah, lancung, tiruan, gadungan, curang, tidak jujur, sumbang, dan lain sebagainya. Siapa orang yang tidak pernah bertemu dengan si palsu ini? rasanya tidak ada. Jadi, mau tidak mau, palsu sudah menjadian bagian dari kenyataan hidup kita sehari-hari.

Palsu memang kosakata yang akrab, bahkan sangat akrab di kehidupan. Sialnya palsu tidak melulu terjadi antara satu orang dengan orang lain. Tapi terjadi pula antara diri sendiri dan diri sendiri alias terjadi di dalam diri sendiri. Ini bener loh, kita ini kerap berbuat palsu loh sama diri kita sendiri, bahasa kerennya mungkin, membohongi diri sendiri. Ngantuk bener nih.. beloman Isya, tidur dulu deh bentar, entar bangun rada maleman sekalian tahajud, dalam hati: yaa mudah-mudahan aja bisa bangun. tapi.... khhkkhh terus molor deh sampe jam 6 pagi, Subuh juga sekalian disikat. Palsu gak? Saya kalau pulang biasanya lewat Cirendeu yang rada lancaran dikit nanti keluarnya di pascasarjana UIN, soalnya jalan lebak bulus menuju Ciputat biasanya macetnya gak kira-kira. Suatu hari jalan keluar tol lebak bulus kok rada sepi.. eh kali aja ke sananya juga sepi.. tapi di hati bilang biasanya sih abis lebak bulus macetnya sableng.. pas lewat bener aja.. ternyata macetnya edan... kalau gitu mah tadi lewat cirendeu aja dah...Palsu...
Ada juga loh palsu di dunia pendidikan.. saya pernah menemuinya di sana... saya nyebutnya 'oknum' biar kaya investigasi jurnalistik... orang baru punya yayasan pendidikan.. tapi merasa kaya punya satu propinsi.. gayanyaaa.. duilleh.. kaga nahan.. naek mobil, pintunya dibukain, tasnya dibawain, baju batiknya mengkilap, batuknya didesain semerdu mungkin, kacamata nangkring di idung oprasian.. biar terlihat lebih canggih smart dan elegan... saya bilang palsu.. dia menghadirkan dirinya dalam ruang lingkup pendidikan, tapi jiwanya bukan pendidikan, tangannya bukan pendidikan, suaranya bukan pendidikan, tingkah lakunya bukan pendidikan...

tidak ada satu pun yang dapat merepresentasikan dirinya sebagai pendidik selain penampilannya.. selebihnya palsu..
berlagak di dunia pendidikan bukanlah pilihan yang tepat.. jadilah kampret di instansi pemerintahan, jadi juragan mafia narkoba, atau jadilah Ratu Atut yang sebenarnya.. bukan Ratu Atut yang palsu.. hehehehe mungkin itu lebih tepat dibandingkan di sekolahan..

ratusan orang tua menggantungkan sedikit jalan menuju masa depan di tempat itu, masa kau nodai dengan ceramah-ceramah palsu yang tidak bermutu.. palsu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar