17 Jun 2015

La Tahzan


Judul Buku: La Tahzan
Penulis: Sulaiman Al-Kumayi
Tebal Hal: xx+ 317
Tahun Terbit: 2014
Cover: Yudi

Kalimat ‘lâ tahzan (janganlah engkau cemas) yang menjadi judul buku ini berasal dari ucapan Nabi Muhammad SAW ketika beliau bersembunyi di gua Tsur bersama dengan sahabat setianya, Abu Bakar ash-Shiddiq.

Di tengah malam gelap gulita, Rasulullah SAW dan Abu Bakar pergi ke Gua Tsur untuk bersembunyi dari kejaran kaum kafir Quraisy. Mereka berdua tinggal selama tiga hari tiga malam. Makanan dan minuman diantar oleh Asma, putri Abu Bakar.

Tidak lama berselang, beberapa orang kafir Quraisy tiba di gua Tsur. Mereka mencari-cari dan memeriksa pintu gua. Pintu gua ternyata dipenuhi dengan sarang laba-laba yang utuh. Terdapat pula dua ekor burung sedang mengerami telur di dalam sarangnya. Melihat tanda-tanda tersebut mereka yakin tidak mungkin ada orang yang masuk ke dalam gua.


Sementara itu, di dalam gua yang gelap gulita itu, Rasulullah SAW melihat Abu Bakar begitu cemas, lalu  beliau mengokohkan hati sahabatnya itu dengan sebuah kabar gembira: Laa Tahzan.. Innallaaha Ma’anaa.. ”Janganlah engkau cemas, sesungguhnya Allah bersama kita.”





Tidak ada komentar:

Posting Komentar