28 Jan 2011

Ternyata Syekh Siti Jenar tidak Dieksekusi Wali Songo

Desain Cover By: Foetri Novianti
Judul: Ternyata Syekh Siti Jenar tdk Dieksekusi Wali Songo
Penulis: KH. Muhammad Sholikhin
Editor: Hijrah S, Adhika Prasetya, K.
Penerbit: Erlangga, 2011
Halaman: 338 Halaman

------
Kontroversi mengenai Syekh Siti Jenar dari perspektif sejarah, memang wajar terjadi, bila dilihat dari posisi sosial-politik pada zamannya, posisi kewaliannya, serta keberagamaannya. Sebab, keterbukaan pemikirannya, beragamnya peran dalam satu pribadi, kemampuannya menyatukan bermacam perspektif dan sudut pandang keagamaan Syekh Siti Jenar yang futuristik, menyebabkan ia berada di titik luar mainstream agama dan politik pada masanya, hingga jauh menembus dan mencapai lompatan sejarah ke depan.

Buku ini memaparkan Syekh Siti Jenar merupakan mistikus Islam besar di Indonesia (Jawa) yang sebenarnya memiliki gagasan-gagasan spiritual mendalam. Ia banyak dipuja, sekaligus dicerca. Namun, semua itu justru semakin mengokohkannya sebagai tokoh makrifat yang mantap. Dewasa ini, baik kajian, penelitian, dan penulisan mengenai ajaran-ajarannya tampak semakin banyak dilakukan orang, dengan demikian, pandangan yang objektif tentu sangat diperlukan. Terkait objektivitas ini, perlu dipelajari dan ditelaah ajarannya secara langsung, yang dirujuk pada perkataan, ajaran, dan pengalaman Syekh Siti Jenar sendiri, serta beberapa hal yang dikemukakan oleh muridnya pada generasi pertama.

Buku ini hadir sebagai koreksi atas berbagai penulisan “Serat” dan “Babad” Jawa dalam penulisan Sejarah Syekh Siti Jenar. Di dalamnya terdapat paparan bahwa tuduhan kepada Syekh Siti Jenar yang menyebarkan aliran sesat tidaklah benar, dan juga bahwa Syekh Siti Jenar tidak mati karena vonis hukuman mati oleh Wali Songo karena ajarannya dianggap sesat, melainkan ia wafat dalam keadaan yang tenang. 


beli buku klik di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar