17 Jun 2015

Panduan Puasa Terlengkap

Judul Buku: Panduan Puasa Terlengkap
Penulis: Efri A Albakary
Tebal Hal: xvi + 156
Tahun Terbit: Mei 2014
Cover: Farid Sabilach Rosyad

Puasa adalah amal ibadah yang kerap kita jumpai. Dalam setahun umat Islam bertemu dengan puasa wajib di bulan Ramadan, dan di luar itu, umat Islam juga menemui amalan ibadah puasa sunah hampir di setiap hari, misalnya puasa Daud, puasa Senin-Kamis, dan lain-lain. Puasa menemui kita terus tapi terkadang kita lalai untuk merenungkannya. Puasa tentu saja memiliki berbagai manfaat sosial dan individu, yang sudah sering disampaikan dalam berbagai ceramah dan pembahasan mengenai puasa.

Hal yang paling sulit dalam puasa adalah pengendalian apa yang dalam Al-Quran disebut al-nafs al-amarah (nafsu amarah). Ketika berpuasa, kecenderungan untuk memberontak atas perintah Ilahi kerap muncul. Puasa adalah rule dan setiap rule sangat menarik untuk dilanggar (break the rule). Itulah sebabnya puasa tidak hanya berkaitan dengan makanan tapi juga suatu pengendalian yang tak hanya bersifat personal tapi juga kegagahan melanggar aturan.           

Puasa adalah benteng bagi ruh dan hati seorang Muslim, tujuannya agar ia tidak merespons keburukan dengan keburukan pula. Sebab itu yang ingin suci batinnya tak akan meninggalkan puasa. Ada amanat Allah SWT dalam puasa dan setiap orang wajib menjaga amanatnya itu. Maka siapa saja yang menyelesaikan ibadah puasa baik  di bulan Ramadan atau puasa sunah di hari biasa berarti memenangkan dirinya, kesucian kemanusiannya, serta menjadi jalan mendekat sedekat-dekatnya dengan Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar