13 Sep 2012

Membangun Karakter dengan Hati Nurani

Judul Buku: Membangun Karakter dengan Hati  Nurani
Penulis: Akh. Muwafik Saleh
Desainer cover : Foetri
Editor : Adhika Prasetya
Tebal : 408 halaman
 

Baik-buruknya sebuah bangsa dipengaruhi pada bangunan karakter generasinya. Karakter yang kuat akan menjadikan sebuah bangsa menjadi kuat pula. Karena dengan karakter, kita dapat memberikan roh pada setiap aktivitas yang dilakukan oleh siapa pun saja baik keluarga, lembaga pendidikan, organisasi hingga bangsa ini termasuk dalam memberikan arah perjalanan bangsa ke depan.

Dengan karakter yang positif, akan dapat mengurangi berbagai perilaku destruktif generasi muda, memberikan arah bagaimana mereka merengkuh masa depan. Dengan karakter positif yang kuat, akan dapat membentengi generasi dan pelaksana negeri ini dari tindakan-tindakan yang dapat merendahkan martabat bangsa seperti korupsi, dan perilaku manipulatif lainnya.

Buku ini memperkenalkan beberapa konsep pembentukan karakter, antara lain:  Konsep The Winner, konsep The Winning Stages Model of Character Building, The Winner Character, The 7 Great Actions, The Competences of The 7 Great Actions, Leadership Star Model, dan lain-lain. Konsep-konsep ini saya buat untuk memudahkan pembaca dalam memahami konsep besar yang diajukan untuk membangun sebuah karakter yang kuat.
Semua konsep ini didasarkan pada nilai-nilai agung dan mulia yang diletakkan sebagai fondasi sukses sebagaimana dalam sumber wahyu. Karena karakter yang kuat itu ada apabila disandarkan pada Sang Pemilik Kekuatan Utama. Hal inilah kemudian yang lebih dikenal dengan sebutan Akhlaq, yaitu suatu sikap yang bersentuhan langsung dengan nilai-nilai ketuhanan.

Selain berisi konsep-konsep tersebut buku ini juga mencoba memberikan gambaran nyata tentang karakter dan akhlak terbaik yang pernah dicontohkan oleh generasi terbaik umat ini, yaitu para sahabat Nabi Muhammad SAW yang mulia, sang pemilik kesempurnaan akhlak. Sehingga konsep yang ditawarkan dalam buku ini bukanlah sebuah khayalan idealisme belaka melainkan sebuah realitas yang pernah ada dan tampil dengan agungnya dalam pentas sejarah manusia. Selain kisah-kisah nyata yang tergoreskan dalam sejarah, saya juga menyertakan berbagai cerita anekdot serta tips dan trik untuk memperkaya dan mendekati berbagai konsep yang ada sehingga menjadi lebih mudah dipahami dan aplikatif bagi para pembaca.

Buku ini penting untuk dijadikan panduan bagi para setiap individu yang peduli dalam pembentukan sebuah karakter generasi bangsa ini dan menginginkan sukses masa depan serta dapat pula dijadikan rujukan oleh para orang tua, guru, dan pimpinan organisasi formal maupun non formal untuk mendidik dan mengantarkannya menjadi generasi yang terbaik khalifah fil ‘ard dan pemimpin masa depan.

Menjadi pemimpin adalah sebuah hasil dari proses pembentukan karakter bangsa melalui beragam jalur baik keluarga, pendidikan, dan organisasi.

2 komentar:

  1. harganya nyampe brp ya ?

    BalasHapus
  2. Harga Buku: Rp.66.000 (Disc 25%) jadi Rp.49.500 lebih lengkapnya sila klik ke sini>> http://www.erlanggashop.com/index.php?page=shop.product_details&flypage=flypage_new.tpl&product_id=28320&category_id=279&option=com_virtuemart&Itemid=402 Syukran Katsiran

    BalasHapus