13 Sep 2012

Islamic Relationship

Judul Buku: Islamic Relationship
Penulis: M. Fauzi Rachman
Desainer cover: Sony Sonatha
Editor: Adhika Prasetya
Tebal: 224 halaman


“Wahai manusia! Sebarkanlah salam, bagi-bagikanlah makanan, peliharalah silaturahmi, dan shalat malamlah kalian ketika manusia sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan aman.”  (HR Ibnu Majah dan disahihkan oleh Al-Albani)

Islam adalah agama rahmatan lil’alamin (rahmat bagi semesta alam). Agama yang tidak hanya mengajak manusia ke dalam dimensi sakral ketuhanan (hablum min Allah), akan tetapi juga mengajak manusia ke dalam dimensi kemanusiaan (hablum min an-nas).

Ajaran Islam tidak semata memuat persoalan ketuhanan secara esoterik, melainkan juga hal-hal lain menyangkut kemanusian dengan beragam implikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, Islam memberikan petunjuk kepada kita tentang langkah apa yang harus kita tempuh untuk membangun kedua-duanya.

Buku ini mengajak pembaca mendiskusikan beberapa kewajiban seorang Muslim menjalin dan menjaga hubungannya kepada selain dirinya, yakni antara lain: hubungan kepada Allah SWT, hubungan kepada Rasul, hubungan kepada agama, hubungan kepada Al-Qur’an, hubungan kepada orang tua, hubungan kepada diri sendiri, hubungan kepada pasangan (suami/istri), hubungan kepada anak, hubungan kepada keluarga/saudara, hubungan kepada masyarakat sosial, hubungan kepada anak yatim, hubungan kepada binatang, dan hubungan kepada lingkungan hidup.

Tingkat keislaman dan keimanan seseorang tidak hanya diukur sejauh mana ia menjalin hubungannya kepada Allah SWT sebagai pencipta, akan tetapi juga sebaik apa ia menjaga hubungan dengan makhluk lainnya.

Ketika manusia telah menyatakan dirinya beriman atau mengakui Allah SWT sebagai Tuhan yang sebenarnya, maka manusia harus memiliki hubungan yang baik kepada-Nya, ini merupakan fondasi yang tidak bisa dipisahkan atau diabaikan dalam membangun hubungan yang mulia bagi manusia. Tanpa hubungan yang baik kepada Allah SWT, tidak mungkin manusia dapat memiliki hubungan yang baik kepada makhluk-makhluk-Nya. Hubungan yang baik kepada Allah SWT merupakan habluminallah (hubungan yang baik kepada Allah) sedangkan hablumminannas (hubungan yang baik kepada manusia) merupakan bukti kuat implikasinya.

Ada banyak sifat yang harus kita miliki dalam hidup ini sebagai bentuk dari hubungan yang baik kepada Allah SWT. Sifat-sifat ini harus kita pahami dengan sebaik-baiknya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar