6 Mei 2011

Politik, Ekonomi, dan Pertahanan

Buku ini merupakan kumpulan tulisan Prof. Dr. Juwono Sudarsono yang tersebar di media massa sejak beliau menjabat menjadi Menteri dan Duta Besar RI di lima era pemerintahan.

Buku ini berisikan pemikiran-pemikiran dan pandangan Prof. Dr. Juwono Sudarsono tentang politik, ekonomi, dan pertahan nasional pada khususnya, dan internasional pada umumnya

Juwono Sudarsono adalah seorang akademisi dan Guru Besar Emeritus Universitas Indonesia yang pernah menjabat Menteri dan Duta Besar RI pada lima era kepresidenan. Ia mendapatkan gelar kesarjanaan dari Universitas Indonesia dan selanjutnya gelar Ph.D. dari London School of Economics and Political Science.

Pada masa pemerintahan presiden Soeharto, ia pernah menjabat sebagai Menteri Negara Lingkungan Hidup RI. Dalam Kabinet Reformasi Nasional semasa pemerintahan Presiden BJ Habibie, Juwono Sudarsono menjabat sebagai Menteri Pendidikan Nasional, kemudian pada masa pemerintahan Abdurrahman Wahid dipercaya sebagai Menteri Pertahanan (1999-2000). Selanjutnya diangkat sebagai Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh untuk Kerajaan Inggris hingga tahun 2004. Pada tanggal 21 Oktober 2004 dilantik kembali sebagai Menteri Pertahanan dalam Kabinet Indonesia Bersatu di bawah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sampai 2009.


Buku “Politik, Ekonomi, dan Pertahanan” karya Prof. Dr. Juwono Sudarsono ini merupakan himpunan tulisan beliau yang dimuat di media massa nasional pada periode 1974-2010 (Prisma, Tempo, Tempo Interaktif, Kompas, Tokoh Indonesia) dan seminar Pembangunan Hukum Nasional VIII di Denpasar tahun 2003. Buku ini banyak memuat informasi tentang pertahanan, ketahanan nasional, peran TNI, politik luar negeri, dan politik-ekonomi Indonesia, layak dibaca semua kalangan masyarakat dan sebagai bahan referensi bagi mahasiswa yang sedang menimba ilmu di perguruan tinggi serta sebagai media untuk mengenal sosok dan pemikiran Prof. Dr. Juwono Sudarsono kepada generasi mendatang yang belum mengenal pribadi dan pemikiran beliau.

Buku ini dapat menumbuhkan semangat dan jiwa nasionalisme, sebab dalam buku ini mengandung pesan agar bangsa Indonesia tidak tergantung kapada negara lain, dan sebagai bangsa Indonesia harus dapat mandiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar